Langkah Memulai Instagram Marketing untuk Pemula

Langkah Memulai Instagram Marketing untuk Pemula

Memilih Instagram sebagai Platform Social Media Marketing

Instagram adalah salah satu aplikasi sarana sosial yang terlalu mungkin penggunanya untuk membagikan foto dan video. Sejak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram udah menggemparkan dunia dan digandrungi oleh banyak orang. Instagram juga memudahkan para penggunanya untuk mempercantik foto mereka memakai filter dan editing tools.


Kini, pemanfaatan Instagram tidak cuma terbatas pada memposting foto, video, dan membuat instastory di akun pribadi saja. Instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai marketing platform. Lewat sebuah akun bisnis,  Anda dimungkinkan untuk menampilkan sebuah produk, mempromosikan produk, dan lebih-lebih bisa menginspirasi para penggunanya.


Pengguna aktifnya yang mencapai jumlah 500 juta per hari menunjukan betapa besarnya potensi Instagram sebagai marketing platform. Namun, Instagram marketing beberapa tahun belakangan ini tambah kompetitif. Bahkan berdasarkan information yang dikeluarkan oleh Instagram, lebih berasal dari 200 juta Instagrammers membuka setidaknya satu profil bisnis setiap hari!


Hal berikut pasti bisa lumayan menyulitkan khususnya bagi Anda yang baru menginginkan mengawali social sarana marketing, khususnya lewat Instagram. Namun, bukanlah tidak mungkin bagi Anda untuk sukses dalam memasarkan bisnis Anda jika trik yang digunakan tepat Jasa Digital Marketing Bali .


Untuk mendukung Anda menanggulangi kesusahan dalam mengawali Instagram marketing, artikel ini bakal sesuai untuk para pemula untuk studi menguasai Instagram marketing.


Cara Memulai Instagram Marketing Bagi Pemula

1. Membuat Business Account

Sebelum mengawali Instagram marketing, cara pertama yang harus dilaksanakan adalah membuat business account. Hal ini perlu mengingat terkandung beberapa fitur untung pada akun bisnis, yang tidak bisa Anda akses lewat akun pribadi.


Jika Anda di awalnya udah memiliki personal akun yang udah memiliki merk dan followers, Anda bisa bersama dengan enteng mengalihkannya menjadi business account. Namun, jika personal akun Anda tidak merepresentasikan product Anda, maka sebaiknya Anda menyiapkan business akun baru.


2. Optimalkan Profil Anda

Setelah akun bisnis sukses dibuat, maka saat ini waktunya Anda mengoptimalkan profil Instagram akn Anda. Foto profil terlalu perlu sebagai first impression pengunjung baru pada profil Anda. Gunakan logo atau gambar yang menarik, unik, dan enteng untuk diingat pengguna.


Anda juga bisa menambahkan bio pada profil. Bio ditujukan untuk menampilkan tujuan berasal dari bisnis Anda secara singkat. Mulai berasal dari siapa Anda, product atau jasa apa yang Anda jual, dan mengapa mereka harus belanja product atau jasa Anda.


Pada bio, menampilkan keterangan kontak pada anggota profil layaknya no telepon dan alamat e-mail bisa memudahkan pengguna untuk menghubungi bisnis Anda secara langsung. Anda bisa mengarahkan pengguna menuju web site atau laman spesifik bersama dengan menambahkan link.


3. Menentukan tujuan Instagram Marketing Anda

Menentukan tujuan berasal dari suatu campaign bakal mendukung Anda dalam menyusun trik yang pas dan mengolah konten yang sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Maka berasal dari itu, terlalu perlu bagi Anda untuk mengawali bisnis Instagram marketing Anda bersama dengan objektif yang jelas.


Berikut beberapa objektif paling umum yang bisa Anda adopsi untuk merk Anda:


Memamerkan product dan jasa berasal dari bisnis Anda

Membangun komunitas brand

Meningkatkan merk awareness

Memamerkan nilai dan kultur perusahaan Anda

Mengiklankan product dan jasa Anda kepada calon konsumen

Meningkatkan merk loyalty

Membagikan updates berasal dari bisnis Anda

4. Tentukan Audience Anda

Sampai pada step ini, tujuan berasal dari bisnis Instagram Anda udah terdeskripsikan bersama dengan jelas. Kini, saatnya memilih model audience layaknya apa yang menginginkan Anda mencapai sebelum mengawali Instagram marketing.


Anda bisa memilih tujuan audience berdasarkan demografis, layaknya usia, model kelamin, minat, dan juga tempat tinggal. Menentukan tujuan audience sebelum mengawali bisnis Instagram marketing juga bisa mempermudah dalam memilih konten layaknya apa yang harus Anda buat.


5. Membuat konten yang menarik

Instagram terlalu mungkin Anda mem-posting bermacam macam konten. Beberapa model konten yang bisa meningkatkan awareness dan engagement product anda yaitu:


a. Gambar

Konten yang paling umum di Instagram adalah gambar. Bisnis Anda terlalu perlu untuk memiliki identitas visual yang bisa dikenali. Usahakan untuk menempatkan gambar yang bervariasi. Variasi bakal mendukung merk Anda untuk berinteraksi bersama dengan pengikut Anda lewat cara yang berbeda.


b. Video

Anda juga bisa mengunggah video di Instagram untuk mempromosikan produk, berkomunikasi bersama dengan customers, dan menuangkan ide-ide kreatif.


c. Behind-the-Scenes Posts

Konten di balik layar menambahkan uraian sekilas mengenai bisnis Anda yang biasanya tidak nampak oleh orang. Mungkin terkandung momen-momen menarik dalam sistem menggerakkan sebuah bisnis yang bisa Anda memperlihatkan pada customers.


d. Instagram Story

Konten yang diletakkan pada anggota story bakal hilang dalam jangka saat 24 jam. Mengingat perihal tersebut, anggota story pada akun Anda terlalu sesuai untuk digunakan sebagai sarana promo terkini atau informasi singkat lainnya. Anda juga bisa menandai (mention) akun lain di story bersama dengan tujuan untuk membangun koneksi baik bersama dengan sesama pengusaha maupun bersama dengan customers Anda.


e. Instagram Story Highlights

Instagram story highlights merupakan story yang di awalnya udah diposting. Fitur ini berbentuk lingkaran kecil di bawah bio Instagram. Anda bisa menampilkan daftar product atau jasa, promo terkini, keterangan lokasi, dan tetap banyak lagi. Dengan memakai fitur ini, customers bakal lebih enteng dalam lihat product dan penawaran menarik lainnya.


f. User-Generated Content

User-generated content adalah konten yang bersumber konten berasal berasal dari customers, pengikut sosial media, atau komunitas yang memakai merk anda. Ajaklah mereka untuk berinteraksi bersama dengan merk Anda, bila bersama dengan mengadakan challenge memakai hashtag tertentu.


Semakin banyak orang yang berinteraksi bersama dengan merk Anda, maka tambah meningkat kredibilitas merk Anda.


6. Posting Konten Secara Reguler

Anda pasti menginginkan customers mengingat merk Anda dan senantiasa engaged bersama dengan mereka. Kunci berasal dari mencapai ke-2 perihal berikut adalah bersama dengan mem-posting konten secara konsisten.


Perlu diingat bahwa saat terbaik untuk memposting sebuah konten berbeda-beda bergantung berasal dari industri dan model audiens Anda. Misalnya pada industri FnB, saat yang pas untuk memposting konten adalah jam 12 siang, dimana banyak orang sedang istirahat berasal dari pekerjaan mereka.


Setelah Anda memilih kapan saat yang pas untuk memposting konten, Anda bisa membuat content calendar untuk memiliki rencana dan menjadwalkan konten.


7. Tracking bersama dengan Analytics Tools

Saat Anda sedang memakai Instagram sebagai sarana promosi, Anda harus memantau secara teratur untuk lihat bagaimana kemajuan bisnis Anda. Anda pasti menginginkan memantau bagaimana hasil postingan, story, atau akun bisnis Anda secara keseluruhan.


Anda bisa mengeceknya bersama dengan memakai fitur Instagram insights. Anda juga harus senantiasa memantau indikator dasar layaknya likes, comments, dan jumlah followers. Dengan memantau indikator dasar tersebut, Anda bisa memastikan akun bisnis Anda bekerja bersama dengan baik.


Mengapa Instagram Marketing Penting Untuk Bisnis Anda?

Bagi Anda yang sedang merintis bisnis dan menginginkan memakai sarana sosial sebagai wadah promosi, Instagram bisa menjadi pilihan untuk Anda. Seperti yang kami ketahui, Instagram merupakan platform sarana sosial yang lebih mengedepankan pada konten visual dimana semua feed berisikan foto atau video.


Melalui Instagram, Anda bisa membangun merk lewat foto atau video. Kini, pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1 miliar dan bakal tetap bertambah.


Nah, setelah sadar beberapa tips instagram marketing bagi pemula di atas, yuk pelajari lebih dalam lewat artikel-artikel kami lainnya!


Meson Digital Marketing Agency bakal bersama dengan puas hati mendukung bisnis Anda untuk sukses lewat Instagram marketing. Anda bisa menghubungi tim kami jika memiliki pertanyaan sambungan seputar Instagram marketing atau jika memerlukan pertolongan dalam perencanaan trik digital marketing lainnya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Strategi e-Marketing: 7 Dimensi untuk Dipertimbangkan (Bauran e-Marketing)

Sewa Truk Pindah

Sewa Mobil Tanpa Supir di Jakarta: Solusi Mobilitas yang Praktis dan Bebas Repot